Kembali lagi bersama EMURGO Indonesia Edukasi, saat ini kita akan membahas tentang STO (Security Token Offering) yang saat ini saat ramai menjadi pembahasan, baik dari mekanisme STO sampai dengan regulasi di berbagai negara.

CIO EMURGO Manmeet Signh juga membahas tentang STO ketika menjadi salah satu panelis di Japan Blockchain Conference beberapa waktu lalu. Simak video lengkap nya di Youtube channel EMURGO : https://www.youtube.com/watch?v=zteYP12iPog&t=2s

Mungkin diantara kita sudah sering dengar dengan istilah ICO, terutama buat kalian yang ada di industri blockchain atau para penggemar blockchain atau blockchain enthusiast. ICO adalah Initial Coin Offering, yaitu sebuah mekanisme penawaran coin kepada publik yang bermanfaat untuk pembiayaan sebuah proyek blockchain seperti hal nya IPO pada perusahaan — perusahaan dengan menjual saham nya kepada publik. Akhir — akhir ini kita mulai sering mendengar istilah baru di dunia blockchain untuk crowdfunding yaitu STO. Sebetulnya apa sih itu STO? Mari kita bahas bersama.

Definisi

STO adalah sebuah instrumen finansial yang merepresentasikan aset nyata seperti hal nya saham hanya saja konfirmasi kepemilikan nya dilakukan diatas blockchain dengan menggunakan smart contract. Para pembeli token dari sebuah proyek atau bisnis memiliki hak untuk ekuitas, dividen dan mekanisme investasi lainnya. Namun karena mekanisme STO ini dilakukan dengan smart contract diatas blockchain maka jangan lupa kalau ini sangat aman, karena transparan, tidak dapat diubah dan dapat di trace seluruh pergerakan nya.

Fungsi

Apa sih fungsinya? Kenapa tidak ICO saja?. Nah disini lah terletak perbedaan nya, ICO tidak teregulasi oleh masing — masing negara karena tidak dianggap sebagai sebuah sekuritas dimana sekuritas haruslah mewakili sebuah aset. Sehingga banyak sekali terjadi penipuan, kegagalan proyek dan lain sebagainya dengan metode ICO ini. Sedangkan STO ini memiliki regulasi dengan mengikuti regulasi sekuritas di negara masing — masing. Syarat dan ketentuan untuk bisa menjadi penjual dan penerbit pun jauh lebih susah jika dibandingkan denagn ICO. Namun, akan jauh lebih aman.

Berikut adalah perbedaan yang bisa kita lihat antara ICO dan STO :

Image for post
Image for post

Berikut gambaran proses secara sederhana untuk STO:

Kurang lebih seperti itu gambaran umum mengenai STO ini. Mudah — mudahan cukup sederhana untuk dimengerti dan bisa bermanfaat bagi kita semua. Jika kamu tertarik untuk berkonsultasi dengan EMURGO mengenai STO, klik link berikut untuk kontak kami www.emurgo.io. Follow dan nantikan informasi tentang STO dan topik edukasi lain nya di EMURGO Indonesia Medium.

Tentang EMURGO

EMURGO mendorong adopsi Cardano dan menambah nilai bagi pemegang ADA dengan membangun, berinvestasi, dan memberi nasihat kepada proyek atau organisasi yang mengadopsi ekosistem blockchain yang terdesentralisasi dari Cardano. EMURGO memanfaatkan keahliannya dalam Research & Development blockchain serta jaringan global mitra blockchain dan industri terkait untuk mendukung usaha secara global.

EMURGO adalah badan komersial dan ventura resmi dari proyek Cardano, terdaftar di Tokyo, Jepang sejak Juni 2017 dan di Singapura sejak Mei 2018. EMURGO berafiliasi secara unik dan bekerja sama dengan IOHK untuk menumbuhkan ekosistem Cardano secara global dan mempromosikan adopsi blockchain Cardano. . Pelajari lebih lanjut tentang proyek ini di https://emurgo.io

Untuk informasi lebih lanjut tentang EMURGO Indonesia:

Twitter: https://twitter.com/emurgo_id

Facebook: https://www.facebook.com/emurgo.id/

Instagram: https://www.instagram.com/emurgo.id/

Medium : https://medium.com/@emurgo_id/

EMURGO Solusi Indonesia

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store