Kembali lagi dengan EMURGO Indonesia edukasi dengan pembahasan dari sisi teknik. Pada teknik edukasi sebelum nya kita sudah membahas tentang salah satu bahasa pemrograman yaitu Solidity. Namun yang dipakai oleh blockchain Cardano adalah Plutus.

Cardano memilih Haskell dan Plutus sebagai bahasa pilihan mereka. Haskell akan digunakan untuk code pada platform Cardano, sementara Plutus digunakan untuk pembuatan smart contract. Keduanya adalah bahasa pemrograman fungsional.

Developer IOHK merancang bahasa pemrograman yang jauh lebih aman dan dapat melakukan pembuktian secara formal.

Plutus sendiri telah diverifikasi secara formal oleh haskell. Haskell sudah di develop sejak 30–40 tahun terakhir di berbagai universitas di dunia. Banyak finansial institusi menggunakan haskell karena mereka dapat menulis program untuk menganalisa market finansial lebih cepat. Plutus saat ini adalah sebuah struktur yang didesain untuk berjalan pada settlement layer untuk mengontrol transaksi. Plutus adalah bahasa turing complete, yang berarti bisa melakukan apa saja yang bisa dilakukan oleh komputer.

Plutus adalah versi Haskell yang disederhanakan. Ini berarti, seperti halnya Haskell, ia memiliki lebih banyak kemiripan dengan matematika daripada pemrograman. IOHK sudah merilis Plutus Platform, bahasa smart contract untuk blockchain Cardano. Anda dapat mencoba Plutus secara online, tanpa perlu mengunduh atau menginstal apapun, melalui Plutus Playground. Platform Plutus tersedia open source. Anda dapat menemukan code, dokumentasi, dan source nya pada link berikut https://github.com/input-output-hk/plutus.

Demikian sedikit pendahuluan tentang Plutus, bahasa pemrograman yang dipakai oleh Cardano blockchain. Jangan lupa follow EMURGO Indonesia medium jika tidak mau ketinggalan tentang edukasi blockchain dari EMURGO indonesia tiap minggu nya.

Tentang EMURGO

EMURGO mendorong adopsi Cardano dan menambah nilai bagi pemegang ADA dengan membangun, berinvestasi, dan memberi masukan kepada proyek atau organisasi yang akan mengadopsi ekosistem blockchain yang terdesentralisasi dari Cardano. EMURGO memanfaatkan keahliannya dalam R&D blockchain serta jaringan global mitra blockchain dan industri terkait untuk mendukung usaha secara global. EMURGO adalah badan komersial dan ventura resmi dari proyek Cardano, terdaftar di Tokyo,

Jepang sejak Juni 2017 dan di Singapura sejak Mei 2018. EMURGO berafiliasi secara unik dan

bekerja sama dengan IOHK untuk menumbuhkan ekosistem Cardano secara global dan mempromosikan adopsi blockchain Cardano. .

Pelajari lebih lanjut tentang proyek ini di

https://emurgo.io

Untuk informasi lebih lanjut follow social media EMURGO Indonesia :

Twitter: https://twitter.com/emurgo_id

Facebook: https://www.facebook.com/emurgo.id/

Instagram: https://www.instagram.com/emurgo.id/

Medium : https://medium.com/@emurgo_id/

Written by

EMURGO Solusi Indonesia

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store