Bahasa Pemrograman Solidity

Kembali lagi bersama EMURGO Indonesia Edukasi. Dan kali ini kita kembali dengan topik teknikal yaitu Bahasa Pemrograman Solidity. Mungkin bagi kalian developer sudah tidak asing lagi dengan Solidity, Java script, C++ dan php.

Solidity adalah sebuah bahasa pemrograman. Solidity adalah bahasa pemrograman yang dibuat secara khusus untuk Smart Contract. Cardano menggunakan Solidity untuk smart contract nya. Anda bisa bermain-main dengan Solidity pada IELE compiler yang dimiliki oleh Cardano jika Anda ingin mencoba membuat Smart Contract. Bahasa pemrograman Solidity mirip dengan javascript. Mengapa bisa dibilang mirip ? karena pada javascript terdapat class, class yang terdapat pada soldity disebut contract. Syntax dan function nya pun banyak kemiripan dengan javascript.

Solidity ditulis dengan format file .sol. Sebenarnya solidity bukanlah bahasa yang sebenarnya yang dieksekusi pada Blockchain Virtual Machine. Solidity adalah bahasa yang bertujuan untuk mempermudah kita membuat smart contract. Saat kita akan compile ataupun deploy smart contract kita, kita membutuhkan yang namanya Solidity Compiler. Melalui solidity compiler tersebut smart contract kita akan di compile ke dalam bytecode yang nantinya bytecode tersebut lah yang akan dieksekusi oleh virtual machine.

Image for post
Image for post

Ada beberapa tipe data basic pada solidity, seperti hal nya bahasa pemrograman lain nya. Dalam solidity ada string, integer, array, dan lain-lain.

  • string sama seperti bahasa lain nya, tipe data string digunakan untuk membuat variabel yang berupa sekumpulan karakter.

Contoh :
- “Halo !”
- “Nama saya Dimas, senang berkenalan dengan Anda”

  • bool adalah tipe data boolean, Anda bisa membuat variabel boolean dengan tipe data ini.

Contoh :
- true
- false

  • int atau biasa disebut integer. Dalam solidity, tipe data ini harus berupa angka positif atau negatif. Tidak ada desimal untuk tipe data ini. Jika Anda ingin membuat variabel berupa angka positif atau negatif, Anda bisa menggunakan tipe data integer ini.

Contoh :
- 0
-2000
- 35000

Pada tipe data int ini dibagi menjadi int8, int16, int32,, int256. Angka pada tipe data int tersebut adalah sebuah angka bit yang akan digunakan untuk menyimpan angka yang dispesifikasikan seberapa besar angka yang dimiliki oleh variabel.

Image for post
Image for post

Jika Anda membuat variabel hanya dengan menggunakan int, maka secara default int adalah int256. Contoh int angka = int256 angka.

  • uint atau biasa disebut unsigned integer. Dalam solidity, tipe data ini harus berupa angka positif. Tidak ada angka negatif dan desimal untuk tipe data ini. Jika Anda ingin membuat variabel yang hanya berupa angka positif, Anda bisa menggunakan tipe data unsigned integer ini.

Contoh :

  • 0
  • 2000
  • 905000

Sama seperti tipe data int, pada tipe data uint ini dibagi menjadi uint8, uint16, uint32,, uint256. Angka pada tipe data uint tersebut adalah sebuah angka bit yang akan digunakan untuk menyimpan angka yang dispesifikasikan seberapa besar angka yang dimiliki oleh variabel.

Image for post
Image for post

Sama hal nya dengan int, jika Anda membuat variabel hanya dengan menggunakan uint, maka secara default uint adalah uint256. Contoh uint angka = uint256 angka.

  • fixed/ufixed adalah tipe data untuk variabel angka yang mempunyai nilai desimal.

Contoh :

  • 20.001
  • -42.4242
  • 3.14
  • address dalam solidity, ada tipe data yang bernama address. Untuk apa fungsi tipe data ini ? tipe data ini untuk membuat variabel yang berisi address account ataupun address contract account. Jika dalam bahasa pemrograman lain nya Anda pasti akan menggunakan string untuk membuat variabel yang berisi address. Tetapi dalam solidity Anda akan menggunakan tipe data address untuk membuat variabel yang berisi address, karena solidity ini memang dibuat secara khusus untuk smart contract.

Contoh :

  • 0x2a9054870cBB655ae3cd5F8231199dA7aBb6b0b4

Yap itulah pengenalan solidity, dan beberapa tipe data basic yang ada pada solidity. Follow dan ikuti terus EMURGO Indonesia Medium untuk pembahasan selanjutnya tentang solidity, dan tema blockchain teknikal lain nya.

Tentang EMURGO

EMURGO mendorong adopsi Cardano dan menambah nilai bagi pemegang ADA dengan membangun, berinvestasi, dan memberi nasihat kepada proyek atau organisasi yang mengadopsi ekosistem blockchain yang terdesentralisasi dari Cardano. EMURGO memanfaatkan keahliannya dalam Research & Development blockchain serta jaringan global mitra blockchain dan industri terkait untuk mendukung usaha secara global.

EMURGO adalah badan komersial dan ventura resmi dari proyek Cardano, terdaftar di Tokyo, Jepang sejak Juni 2017 dan di Singapura sejak Mei 2018. EMURGO berafiliasi secara unik dan bekerja sama dengan IOHK untuk menumbuhkan ekosistem Cardano secara global dan mempromosikan adopsi blockchain Cardano. . Pelajari lebih lanjut tentang proyek ini di https://emurgo.io

Untuk informasi lebih lanjut tentang EMURGO Indonesia:

Twitter: https://twitter.com/emurgo_id

Facebook: https://www.facebook.com/emurgo.id/

Instagram: https://www.instagram.com/emurgo.id/

Medium : https://medium.com/@emurgo_id/

EMURGO Solusi Indonesia

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store