Blockchain & Cryptocurrency

Cryptocurrency adalah sebuah aset digital, yang menggunakan kriptografi untuk meng-autentikasi dan mengamankan transaksi. Cryptocurrency — Bitcoin adalah produk pertama dalam blockchain. Cryptocurrency menggunakan fungsi hash kriptografi untuk mencegah transaksi nya dirubah. Sekali transaksi cryptocurency dibuat, akan disimpan dalam blockchain secara permanent. Tidak ada seorangpun yang bisa mengubahnya. Fungsi transaksi cryptocurrency seperti Bank, tetapi lebih baik dalam hal keamanan. Bank tetap memerlukan manusia untuk mengontrol, dan terkadang kesalahan manusia masih terjadi, tetapi cryptocurrency dalam blockchain aman secara sistem.

Banyak orang mungkin salah mengira bahwa blockchain dan cryptocurrency adalah sama, tetapi sebenarnya tidak. Cryptocurrency adalah produk pertama blockchain. Baru-baru ini, blockchain telah memperluas aplikasinya ke beberapa bidang dan industri untuk menyimpan data secara aman. Blockchain hanyalah sebuah teknologi untuk menyimpan data dengan aman. Umumnya, anda dapat menggunakan blockchain untuk menyimpan dan mengamankan jenis data transaksi.

Blockchain menggunakan kriptografi enkripsi dan dekripsi dalam validasi data nya, untuk memastikan data tersebut terautentikasi dan tidak dirubah. Dalam blockchain, public key dan private key memiliki peran sebagai ID dan password untuk menunjukkan kepemilikan akun. Private key adalah sebuah string yang dihasilkan secara acak, dan fungsinya seperti password. Public key adalah string yang dihasilkan dari private key dengan menerapkan metode kriptografi Elliptic Curve Digital Signature Algorithm (ECDSA).

Written by

EMURGO Solusi Indonesia

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store