EMURGO Indonesia Interview Series #2 — Andry Alamsyah

Salah satu misi yang dijalankan oleh EMURGO Indonesia adalah melalui edukasi, karena EMURGO Indonesia percaya bahwa blockchain teknologi akan menjadi infrastruktur sosial yang vital seperti hal nya Internet. Interview series yang kedua EMURGO Indonesia melakukan interview singkat dengan salah satu pengajar dan juga Direktur Digital Business Ecosystem Research Center di Telkom University Bapak Andry Alamsyah.

Selamat Siang Pak Andry, bagaimana kabar nya?
Halo, selamat siang , alhamdulillah kabar baik.

Mungkin boleh di share kesibukan yang lagi dijalani saat ini.
Saat ini saya adalah Direktur di Digital Business Ecosystem Research Center di Telkom University. Lembaga ini mengembangkan keilmuan digital bisnis ekosistem guna meningkatkan efisiensi aktivitas ekonomi. Dalam hal ini ilmu yang dikembangkan untuk mendukung tujuan diatas adalah keilmuan seperti Big Data & Data Analytic, Blockchain, Artificial Intelligence / Machine Learning dan masih banyak ilmu lain nya. Saya juga adalah Faculty member di Fakultas Ekonomi dan Bisnis , Telkom University.

Boleh tau tentang history pendidikan yang Pak Andry tempuh sebelumnya?
Saya mengambil jurusan Matematika untuk S1 program, di Institut Teknologi Bandung. Lalu saya melanjutkan S2 program saya di Universite Picardie Jules Verne, Amiens, France, dan S3 saya di Sekolah Teknik Elektro dan Informatika, Institut Teknologi Bandung.

Selain sibuk di riset dan akademisi, apa sih yang menjadi hobby/kegemaran dari Pak Andry?
Saya termasuk orang yang suka berganti-ganti hobi atau kegemaran, misalnya saja saya pernah suka ngeband dengan sesama dosen di Telkom Uni, lalu beberapa waktu lalu menggeluti touring motor besar dengan beberapa teman, lalu sempat menyukai fotografi. Namun saat ini saya sedang menyukai aktivitas berlari.

Image for post
Image for post

Apa yang membuat Pak Andry tertarik dengan blockchain untuk pertama kali?
Saya mengetahui blockchain itu dari Co-promotor saya di ITB yaitu Prof. Budi Rahardjo, beliau selalu bilang tentang blockchain, kelebihan dan implementasi ke dalam sektor bisnis dikarenakan bidang saya adalah di Big data. Setelah sering dengar dari beliau lalu saya mencoba mencari tahu lebih yang sering dibicarakan tentang blockchain. Namun untuk saat ini saya masih belum terlalu dalam belajar tentang blockchain karena saya sedang fokus dalam keilmuan Big Data Analytics sendiri

Apa pandangan Bapak mengenai industri blockchain secara umum?
Bagi saya value dari bisnis yang akan menggunakan blockchain akan begitu besar. Mulai dari transparansi dan trust yang di bangun di dalam blockchain itu sendiri yang akan memberikan solusi di dalam bisnis yang saat ini berkembang.

Apakah pernah mendengar term ICO/STO?apa pandangan Bapak mengenai kegiatan crowdfunding yang dilakukan diatas platform blockchain?
Secara praktik, saya kurang begitu paham bagaimana tentang ICO/STO itu dijalankan. Namun yang saya coba cari secara singkat ini merupakan cara baru yang bisa digunakan oleh sebuah perusahaan untuk mendapatkan funding namun tidak terbatas pada satu wilayah saja.

Apa pandangan dan pendapat Bapak tentang kerja sama yang telah dilakukan Telkom University dan EMURGO sejauh ini?
Menurut saya, EMURGO memiliki ilmu dan pengetahuan tentang teknologi blockchain saat ini. Namun harus diperbanyak juga dengan use case yang terjadi di dunia nyata/implementasi teknologi nya sendiri. Jadi saya berharap EMURGO dan Telkom University akan bisa sama sama meraih market dengan use case yang ada. Sejalan dengan misi EMURGO yaitu edukasi, EMURGO diharapkan juga terus membantu Telkom University untuk mengedukasi tidak hanya mahasiswa nya, namun juga dosen dan faculty member tentang teknologi blockchain ini. Telkom University juga banyak memiliki rekanan di dalam dunia bisnis, jadi bisa sama-sama membantu untuk mencari use case yang di perlukan untuk mengimplementasi blockchain teknologi.

Image for post
Image for post

Apa harapan kedepan nya tentang blockchain?
Blockchain akan memangkas rantai pasok di dalam organisasi atau perusahaan. Saya ingin sekali melihat teknologi blockchain ini meledak dan dapat di implementasi secepatnya di dalam sektor bisnis yang ada

Apa harapan bapak dari kerja sama antara EMURGO Indonesia dan Telkom University?
Kalau pendapat saya seminar dan workshop tetap harus dijalankan untuk bisa terus mengedukasi, namun kita harus bisa menjadi leader atau pioneer bagi edukasi blockchain di Indonesia. Contohnya dengan melakukan sertifikasi, implementasi use case di dalam sektor bisnis, jadi bisa dijadikan bahan riset untuk kedepan nya.

Apakah pandangan Bapak jika EMURGO mengajak Telkom University untuk mengadakan event edukasi blockchain untuk umum di luar kampus?
Kami, Telkom University sangat terbuka untuk setiap event edukasi yang akan melibatkan kami di dalam nya.

Demikian interview singkat kami dengan Bapak Andry Alamsyah salah satu pengajar dan juga Direktur Digital Business Ecosystem Research Center di Telkom University. Semoga blog interview ini bisa memberikan inspirasi kepada Adapters dan semua yang membaca.

Tentang EMURGO

EMURGO mendorong adopsi Cardano dan menambah nilai bagi pemegang ADA dengan membangun, berinvestasi, dan memberi masukan kepada proyek atau organisasi yang akan mengadopsi ekosistem blockchain yang terdesentralisasi dari Cardano. EMURGO memanfaatkan keahliannya dalam R&D blockchain serta jaringan global mitra blockchain dan industri terkait untuk mendukung usaha secara global. EMURGO adalah badan komersial dan ventura resmi dari proyek Cardano, terdaftar di Tokyo, Jepang sejak Juni 2017 dan di Singapura sejak Mei 2018. EMURGO berafiliasi secara unik dan bekerja sama dengan IOHK untuk menumbuhkan ekosistem Cardano secara global dan mempromosikan adopsi blockchain Cardano.

Untuk informasi lebih lanjut follow social media EMURGO Indonesia :

Twitter : https://twitter.com/emurgo_id
Facebook : https://www.facebook.com/emurgo.id/
Instagram : https://www.instagram.com/emurgo.id/
Medium : https://medium.com/@emurgo_id/

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store