EMURGO Indonesia Interview Series #3 — Reza Anwar

EMURGO mendorong adopsi Cardano dan menambahkan nilai kepada pemegang ADA dengan membangun, berinvestasi, dan menjadi penasihat di dalam proyek dan atau organisasi yang ingin mengadopsi ke dalam ekosistem desentralisasi blockchain Cardano.
Dalam EMURGO Indonesia interview series kali ini kita akan berkenalan lebih jauh dengan salah satu team member di EMURGO Indonesia yaitu Reza Anwar.

Berikut adalah blog interview nya:

Halo Pak Reza, apa kabar?
Halo halo, alhamdulillah kabar baik.

Mungkin sebagai perkenalan, boleh di share tentang aktivitas Pak Reza saat ini dan posisi nya di EMURGO Indonesia.

Saat ini peran saya di EMURGO Indonesia adalah sebagai technical advisor, memberikan informasi dan saran-saran tentang hal-hal yang berhubungan dengan teknologi terutama teknologi blockchain.

Image for post
Image for post

Kalau boleh di share, pengalaman pendidikan dari Pak Reza sebelum nya.

Saya lulusan SMA Negeri 2 di Bogor, seteleh itu melanjutkan ke ITB dengan jurusan Elektro dan setelah itu melanjutkan studi saya di University of Arizona juga jurusan Electrical Engineering.

Apa/siapa yang membuat Pak Reza pertama kali tau tentang blockchain?

Dari artikel di Internet tentang Bitcoin. Dari situ saya ketahui ada istilah ‘blockchain’.

Mungkin boleh diceritakan pengalaman yang Pak Reza jalani sebelum join di EMURGO?

Kebanyakan pengalaman bekerja saya ada di dunia teknologi informasi: Di perusahaan travel online pertama di Indonesia, lalu di mobile services dan kemudian di aplikasi online. Mungkin lebih jelasnya boleh lihat di akun linkedin saya di https://www.linkedin.com/in/ranwar/

Kalau boleh tau apa alasan Pak Reza bergabung dengan EMURGO?

EMURGO memberi kesempatan kepada saya untuk lebih banyak terlibat dalam dengan dunia blockchain, yang mungkin untuk sebagian orang masih belum mengetahui apa itu blockchain dan bagaimana implementasi nya di dalam real bisnis.

Menurut Pak Reza apa yang menjadi potensi dari teknologi blockchain itu sendiri? Dan kenapa?

Teknologi blockchain akan memberi peluang bagi kita untuk mewujudkan sistem-sistem dan produk-produk baru yang dapat memperbaiki sistem keuangan yang selama ini ada. Teknologi ini juga akan membantu kita dengan mendukung proses-proses bisnis yang membutuhkan pencatatan-pencatatan yang sahih. Teknologi blockchain memiliki kemampuan untuk melakukan pencatatan yang terverifikasi yang dapat diterima oleh semua pihak yang terlibat.

Image for post
Image for post

Apa yang membuat Cardano berbeda dengan project blockchain lain nya?

Cardano adalah project blockchain yang dari awal dibangun dengan filosofi ilmiah dan pendekatan berbasis riset. Semua implementasi teknologi blockchain Cardano diawali dengan riset yang sebagian besar dituangkan ke dalam makalah ilmiah yang diperiksa melalui peer-review. Prinsip-prinsip ini memberikan landasan yang kuat kepada teknologi-teknologi yang dikembangkan di Cardano.

Apa yang menjadi ekspektasi Pak Reza tentang blockchain dan relasinya dengan misi yang dijalankan dengan EMURGO Indonesia saat ini?

Image for post
Image for post

Saya punya banyak mimpi :) Tapi kalau berbicara mengenai ekspektasi jangka pendek ada dua hal:

1. Mengajak siapapun yang tertarik untuk lebih mendalami blockchain beserta teknologinya agar dapat membuka pikiran untuk mendatangkan ide-ide yang dapat menjadi kenyataan dengan dukungan teknologi blockchain.

2. Implementasi teknologi blockchain dalam sebuah produk nyata sehingga lebih dapat memperkenalkan apa saja yang dapat dilakukan atau dihasilkan dengan teknologi ini.

Tentang EMURGO

EMURGO mendorong adopsi Cardano dan menambahkan nilai bagi pemegang ADA dengan membangun, berinvestasi, dan memberi masukan kepada proyek atau organisasi yang akan mengadopsi ekosistem blockchain yang terdesentralisasi dari Cardano. EMURGO memanfaatkan keahliannya dalam R&D blockchain serta jaringan global mitra blockchain dan industri terkait untuk mendukung usaha secara global. EMURGO adalah badan komersial dan ventura resmi dari proyek Cardano, terdaftar di Tokyo, Jepang sejak Juni 2017 dan di Singapura sejak Mei 2018. EMURGO berafiliasi secara unik dan bekerja sama dengan IOHK untuk menumbuhkan ekosistem Cardano secara global dan mempromosikan adopsi blockchain Cardano.

Pelajari lebih lanjut tentang EMURGO dan Cardano dengan menggunjungi website resmi https://emurgo.io

Untuk informasi lebih lanjut follow social media EMURGO Indonesia :

Twitter : https://twitter.com/emurgo_id
Facebook : https://www.facebook.com/emurgo.id/
Instagram : https://www.instagram.com/emurgo.id/
Medium : https://medium.com/@emurgo_id/

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store