Fungsi Let & Where pada Haskell

Kembali dalam EMURGO Indonesia blog edukasi, dan masih membahas tentang fungsi yang terdapat dalam bahasa pemrograman Haskell. Kali ini kita akan membahas tentang fungsi let dan where pada haskell. Yang dimaksud fungsi let dan where adalah sebuah fungsi ekspresif untuk mendefinisikan variabel lokal. Value dalam variabel lokal tidak akan pernah berubah, akan tetap mempunyai value yang sama.

Bagaimanakah cara penggunaan fungsi let dalam haskell ? Pertama buat sebuah file bernama contohSatu.hs. Kemudian masukkan code berikut dalam file tersebut.

Image for post
Image for post

Bisa dilihat pada code di atas, penempatan let harus sebelum ekspresi in. jika tidak, maka akan error. Jadi penjelasannya adalah pertama kita definisikan dulu variabel a = 5 dengan menggunakan let setelah itu tentukan hasilnya pada ekspresi in 2 * a + 15 maka hasilnya adalah 25. Karena a sama dengan 5 jadi 2 * 5 + 15.

Untuk membuktikan nya, mari kita running code tersebut pada compiler. Buka terminal dan arahkan ke folder tempat kita menyimpan file contohSatu.hs tersebut dan ketik ghci contohSatu.hs pada terminal.

Image for post
Image for post

Sekarang ketik contohSatu untuk melihat hasilnya.

Image for post
Image for post

Harus selalu diingat bahwa penulisan code itu sangat berpengaruh dengan spasi atau tab. Yang artinya kita tidak boleh menggunakan tab, tetapi kita harus menggunakan spasi. Seperti berikut contoh nya jika kita menggunakan tab :

Image for post
Image for post

Jika dalam code kita menggunakan tab tersebut, maka akan menampilkan error error seperti berikut saat dicompile :

Image for post
Image for post

Tetapi jika kita menggunakan spasi, maka tidak akan terjadi error

Image for post
Image for post
Image for post
Image for post

Seperti itulah contoh sederhana dalam penggunaan let dalam haskell. Untuk selanjutnya kita akan mencoba fungsi where.

Berikut adalah fungsi where dalam haskell. Pertama buat sebuah file bernama contohDua.hs. Kemudian masukkan code berikut dalam file tersebut.

Bisa dilihat pada code di atas, penempatan where diletakkan di belakang. Jadi penjelasannya adalah kita tentukan dulu bagaimana function tersebut akan melakukan penghitungan, setelah itu letakkan fungsi where nya. Jadi 2 * a + 25 where a = 7 adalah 2 * 7 + 25 maka hasilnya adalah 39.

Untuk membuktikan nya, mari kita running code tersebut pada compiler. Buka terminal dan arahkan ke folder tempat kita menyimpan file contohDua.hs tersebut dan ketik ghci contohDua.hs pada terminal.

Image for post
Image for post

Sekarang ketik contohDua untuk melihat hasilnya.

Image for post
Image for post

Yap, seperti itulah contoh sederhana menggunakan fungsi let dan where dalam Haskell.

Tentang EMURGO

EMURGO mendorong adopsi Cardano dan menambahkan nilai bagi pemegang ADA dengan membangun, berinvestasi, dan menjadi advisor/konsultan kepada proyek atau organisasi yang akan mengadopsi ekosistem blockchain yang terdesentralisasi dari Cardano. EMURGO memanfaatkan keahliannya dalam R&D blockchain serta jaringan global mitra blockchain dan industri terkait untuk mendukung usaha secara global. EMURGO adalah badan komersial dan ventura resmi dari proyek Cardano, terdaftar di Tokyo, Jepang sejak Juni 2017 dan di Singapura sejak Mei 2018. EMURGO berafiliasi secara unik dan bekerja sama dengan IOHK untuk menumbuhkan ekosistem Cardano secara global dan mempromosikan adopsi blockchain Cardano.

Pelajari lebih lanjut tentang EMURGO dan Cardano dengan menggunjungi website resmi https://emurgo.io

Follow akun media social EMURGO Indonesia:

Twitter : https://twitter.com/emurgo_id
Facebook : https://www.facebook.com/emurgo.id/
Instagram : https://www.instagram.com/emurgo.id/

Written by

EMURGO Solusi Indonesia

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store