Fungsi Observasi pada Marlowe part I

Masih membahas tentang Marlowe, smart contract yang dciptakan untuk financial sektor. Di dalam marlowe tidak hanya seorang developer yang dapat membuat smart contract, namun ini bisa digunakan oleh orang awam atau yang tidak paham tentang bahasa pemrograman atau coding.

Kali ini kita akan membahas fungsi observasi pada marlowe. Sebelumnya kita sudah membahas fungsi dari contract dan money. Fungsi observasi ini dapat digunakan untuk membuat sebuah observasi ataupun kondisi yang diperlukan pada kontrak yang kita buat.

Fungsi obervasi terletak pada tab sebelah kiri yang bernama observation.

Image for post
Image for post

Sekarang kita akan mencoba menerapkan fungsi observasi tersebut pada kontrak yang kita buat

Pertama-tama tentu saja kita harus mengkomit uang pada kontrak dengan fungsi commitcash dan tetapkan jumlah uang yang kita komit dengan menggunakan fungsi constmoney.

Image for post
Image for post

Kemudia pada continue as kita isi dengan fungsi when as son as observation yang bisa kita dapat dari contract.

Image for post
Image for post

When as soon as observation ini kita gunakan untuk menetapkan kondisi yang akan terjadi pada waktu block tersebut. Kemudian when as soon as observtion tersebut akan kita isi dengan kondisi or dan and. Jika kita ingin menggunakan kondisi or atau and kita menggunakan fungsi andObs untuk kondisi and dan orObs untuk kondisi or.

Image for post
Image for post

Dalam marlowe, kita dapat menentukan kondisi dengan menggunakan angka, dan menentukan siapa saja yang ikut dalam kondisi tersebut.
Seperti ini contohnya :

Image for post
Image for post

Pada observasi andObs kita tempatkan 2 kondisi yaitu person 1 memilih 1 dan person 2 memilih 0. PersonChoseThis for coice with id 1 berarti pilihan tersebut mempunyai id 1. Sedangkan PersonChoseThis for coice with id 2 berarti pilihan tersebut mempunyai id 2. Person 1 berarti id dari orang 1, person 2 berarti id dari orang kedua. Chose num 1 berarti memilih pilihan 1, chose num 0 berarti memilih pilihan 0. Angka dari chose num tersebut bisa kita tentukan sesuka kita, itu hanyalah untuk menentukan kondisi akhir atau status saja. Misalnya kita tetapkan 1 adalah kondisi true, dan 0 adalah kondisi false.

Jadi seperti itu fungsi observasi sederhana pad amarlowe, untuk artikel selanjutanya kita akan melanjutkan contract tentang observasi ini.

Tentang EMURGO

EMURGO mendorong adopsi Cardano dan menambahkan nilai bagi pemegang ADA dengan membangun, berinvestasi, dan menjadi advisor/konsultan kepada proyek atau organisasi yang akan mengadopsi ekosistem blockchain yang terdesentralisasi dari Cardano. EMURGO memanfaatkan keahliannya dalam R&D blockchain serta jaringan global mitra blockchain dan industri terkait untuk mendukung usaha secara global. EMURGO adalah badan komersial dan ventura resmi dari proyek Cardano, terdaftar di Tokyo, Jepang sejak Juni 2017 dan di Singapura sejak Mei 2018. EMURGO berafiliasi secara unik dan bekerja sama dengan IOHK untuk menumbuhkan ekosistem Cardano secara global dan mempromosikan adopsi blockchain Cardano.

Pelajari lebih lanjut tentang EMURGO dan Cardano dengan menggunjungi website resmi https://emurgo.io

Follow akun media social EMURGO Indonesia:

Twitter : https://twitter.com/emurgo_id
Facebook :bit.ly/Emurgo_id
Instagram : https://www.instagram.com/emurgo.id/

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store