Fungsi pada Marlowe Part 1

Setelah membahas tentang Haskell dan fungsi nya pada beberapa blog terdahulu. Kali ini kita akan membahas tentang fungsi blok pada Marlowe. Kita akan memahami satu persatu fungsi tersebut.

Pada meadow, di sebelah kiri editor terdapat tab Observation, Contract, dan Money.

Image for post
Image for post

Di dalam observation ada blok-blok yang berfungsi untuk membuat dan menjalankan observasi. Pada contract ada blok yang berfungsi untuk melakukan commit, melakukan pembayaran, melakukan redeem. Dan pada money terdapat blok yang berfungsi untuk menaruh uang atau menetapkan jumlah uang.

Kita akan memulai dari contract.

Image for post
Image for post

Pertama adalah blok null, null kita gunakan jika dalam function yang kita buat kita tidak akan melakukan apapun setelah action terakhir.

Image for post
Image for post

Kemudian ada blok pay, pay ini berfungsi untuk melakukan pembayaran. Setiap blok pay yang kita gunakan harus memiliki ID berbeda, dalam blok pay juga kita tetapkan kepada siapa kita akan melakukan pembayaran.

Image for post
Image for post

Lalu ada Both, both ini berfungsi untuk melakukan eksekusi secara bersamaan.

Image for post
Image for post

When as soon as observation ini berfungsi jika kita ingin melakukan observasi. Kita bisa menentukan langkah-langkah dan kondisi pada observasi kita dengan fungsi ini.

Image for post
Image for post

Choice if observation ini adalah untuk memilih observasi yang kita tentukan sebelumnya dan untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.

Image for post
Image for post

Fungsi commitcash adalah untuk menetapkan komitmen kita. Pada marlowe kita harus membuat komitmen dengan menaruh sejumlah uang di dalam komitmen tersebut.

Image for post
Image for post

redeemCC adalah untuk mengembalikan dana yang sudah kita komit. Misalnya kita sudah membuat komitmen dan uang kita juga sudah masuk ke dalam kontrak tersebut, jika kita mau menariknya kembali kita bisa menggunakan fungsi redeemCC.

Sebelumnya kita telah membahas tentang contract Sekarang kita beralih ke money.

Pada money, ada blok yang bernama availablemoney, ini digunakan untuk mengambil seluruh jumlah uang yang sudah dikomitmen. Misalnya kita mengkomit uang kita pada commitcash yang mempunyai id 1, maka kita mengambil seluruh uang tersebut dengan menggunakan available money from the commit with id 1.

Image for post
Image for post

Kemudian ada addMoney yang berfungsi untuk menjumlahkan uang.

Image for post
Image for post

Lalu ada constmoney, fungsi ini kita gunakan untuk menentukan berapapun uang yang akan kita masukkan.

Demikianlah blog tentang fungsi pada marlowe part I, nantikan lanjutan tentang fungsi pada marlowe berikut nya hanya di EMURGO Indonesia edukasi blog berikutnya! Follow dan likes EMURGO Indonesia akun medium untuk tidak ketinggalan blog-blog edukasi dari EMURGO Indonesia.

Tentang EMURGO

EMURGO mendorong adopsi Cardano dan menambahkan nilai bagi pemegang ADA dengan membangun, berinvestasi, dan menjadi advisor/konsultan kepada proyek atau organisasi yang akan mengadopsi ekosistem blockchain yang terdesentralisasi dari Cardano. EMURGO memanfaatkan keahliannya dalam R&D blockchain serta jaringan global mitra blockchain dan industri terkait untuk mendukung usaha secara global. EMURGO adalah badan komersial dan ventura resmi dari proyek Cardano, terdaftar di Tokyo, Jepang sejak Juni 2017 dan di Singapura sejak Mei 2018. EMURGO berafiliasi secara unik dan bekerja sama dengan IOHK untuk menumbuhkan ekosistem Cardano secara global dan mempromosikan adopsi blockchain Cardano.

Pelajari lebih lanjut tentang EMURGO dan Cardano dengan menggunjungi website resmi https://emurgo.io

Follow akun media social EMURGO Indonesia:

Twitter : https://twitter.com/emurgo_id
Facebook : http://bit.ly/Emurgo_id
Instagram : https://www.instagram.com/emurgo.id/

Written by

EMURGO Solusi Indonesia

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store