Apa itu haskell?

Haskell adalah bahasa pemrograman. Khususnya haskell adalah bahasa pemrograman functional, dan lazy (non strict).

  • Functional Murni

Haskell adalah bahasa pemrograman yang sepenuhnya functional. Dalam bahasa imperatif Anda menyelesaikan sesuatu dengan memberitahu komputer urutan tugas yang akan dilakukan dan kemudian menjalankannya. Saat mengeksekusinya, itu dapat mengubah state.

Dalam pemrograman murni fungsional, Anda tidak memberitahu komputer apa yang harus dilakukan. Jadi dalam bahasa murni fungsional, fungsi tidak memiliki efek samping. Satu-satunya fungsi yang dapat dilakukan adalah menghitung sesuatu dan mengembalikannya sebagai hasilnya. Pada awalnya, ini sepertinya membatasi tetapi sebenarnya memiliki beberapa konsekuensi yang sangat bagus: jika suatu fungsi dipanggil dua kali dengan parameter yang sama, itu dijamin untuk mengembalikan hasil yang sama.

  • Lazy (non-strict)

Kode tidak akan pernah dieksekusi sampai value yang dihitung benar-benar diperlukan

Contohnya :

Jika kita memiliki variabel dalam program kita yang melibatkan beberapa perhitungan yang sangat rumit, tetapi kita tidak pernah menggunakannya, dan variable itu tidak akan pernah dihitung, semua pekerjaan itu akan disimpan. Atau jika Anda memiliki beberapa struktur data yang besar, tetapi program Anda hanya pernah menggunakan sebagian kecil dari data tersebut, maka sebagian besar struktur data tidak dibuat dan tidak akan menghabiskan memori. Laziness tidak hanya membantu dari segi performa, tetapi juga memungkinkan beberapa algoritma yang sangat bersih tanpa paralel yang baik dalam bahasa tradisional.

  • Statically Typed

Maksud dari statically typed adalah bahasa diketik secara statis jika jenis variabel diketahui pada waktu kompilasi. Anda harus menentukan jenis setiap variabel yang Anda buat. Compiler akan memastikan Anda tidak akan salah menggunakan tipe data variabel, misalnya jika Anda ingin membuat variabel string dan jika Anda malah menggunakan integer maka akan error. Static typing adalah hal yang sangat baik karena itulah bahasa seperti typescript muncul untuk menambahkan static typing ke javascript.

Haskell itu berbeda, seperti mempelajari bahasa asing. Haskell telah dibuat selama puluhan tahun dengan background yang benar-benar berbeda dari bahasa pemrograman lain nya. Haskell dibuat dengan background teori matematika dan diimplementasikan oleh academic research.

Sejarah Haskell

  • 1980 — Banyak bahasa pemrograman functional

Pada tahun 1980, ada banyak bahasa pemrograman functional yang dibuat secara independen oleh banyak research.

  • 1987 — Terbentuknya komite

Pada tahun 1987 terbentuk sebuah komite standarisasi untuk membuat 1 bahasa.

  • 1990 — Haskell 1.0

Pada tahun 1990 komite memproduksi Haskell 1.0 standar

  • 1997 — Haskell 98

Setelah beberapa tahun bahasa standar diperbarui dengan haskell 98 dengan menggunakan general purpose programming language

  • 2009 — Haskell 2010

Pada tahun 2010 muncul lah standar Haskell 2010

Haskell mempunyai beberapa compiler yang berbeda yang dibuat. Salah satunya adalah Glorious Glasgow Haskell Compilation System (GHC). GHC ini adalah compiler yang sangat populer untuk bahasa Haskell dan ada banyak fitur di dalam nya.

Haskell menjadi bahasa pemrograman yang dipakai didalam Cardano. Proyek Cardano terdiri dari 3 entitas yaitu IOHK yang mendevelop Cardano, Cardano foundation yang membangun komunitas, dan EMURGO sebagai official badan komersil dan ventura dari Cardano proyek.

Tentang EMURGO:

EMURGO mendorong adopsi dari Cardano dan memberikan nilai tambah kepada pemegang ADA (native token dari Cardano) dengan membangun, berinvestasi dan menjadi advisor untuk proyek atau organisasi yang akan mengangkat ekosistem desentralisasi blockchain Cardano. EMURGO memanfaatkan keahliannya dalam R&D blockchain serta jaringan global mitra blockchain dan industri terkait untuk mendukung usaha secara global. EMURGO adalah badan komersial dan ventura resmi dari proyek Cardano, terdaftar di Tokyo, Jepang sejak Juni 2017 dan di Singapura sejak Mei 2018. EMURGO berafiliasi secara unik dan bekerja sama dengan IOHK untuk menumbuhkan ekosistem Cardano secara global dan mempromosikan adopsi blockchain Cardano. .

Pelajari lebih lanjut tentang EMURGO dan Cardano dengan menggunjungi website resmi https://emurgo.io

Untuk informasi lebih lanjut follow social media EMURGO Indonesia :

Twitter : https://twitter.com/emurgo_id
Facebook : https://www.facebook.com/emurgo.id/
Instagram : https://www.instagram.com/emurgo.id/
Medium : https://medium.com/@emurgo_id/

Written by

EMURGO Solusi Indonesia

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store