Input Output Haskell Part 2

Sebelumnya kita sudah membahas sedikit tentang input dan output pada haskell. Kali ini kita akan melanjutkan bermain-main dengan input dan output pada haskell.

Langsung saja buka editor text kalian, dan masukkan code berikut

Image for post
Image for post

Baiklah, kalian tentu sudah tahu fungsi dari putStrln adalah untuk menampilkan atau mencetak sesuatu ke terminal kalian dan getLine untuk memberikan inputan untuk kita isi.

Pada code di atas, ada fungsi yang bernama bigFirstName = map toUpper firstName. Fungsi tersebut adalah merupakan variabel baru yang berisi dan menjadikan variabel firstName menjadi huruf besar. Jika kalian jalankan code tersebut, maka hasilnya akan seperti bberikut :

Image for post
Image for post

Bisa Anda lihat inputan pertama yaitu Dimas, dan inputan kedua yaitu Prasetio. Ketika fungsi toUpper berjalan, maka akan mengubah kedua variabel tersebut menjadi huruf besar menjadi hey DIMAS PRASETIO How are you ?

Sekarang kita coba lagi beberapa fungsi lainnya. Sekraang ubah code tadi menjadi seperti berikut ini :

Image for post
Image for post

Pada code di atas, kita akan menginput sesuatu ke dalam program kita. Jika kita menginput sesuatu, maka hasilnya adalah null atau tidak ada apapun yang tampil. Jika anda menginput sesuatu misalnya kata “Mari coding Haskell” maka inputan yang anda masukkan tadi akan terbalik dengan function reverse.

Tidak percaya ? mari kita tes code tersebut dengan menjalankan nya pada ghci.

Image for post
Image for post

Yap, bisa kita lihat di atas setiap kata yang kita masukkan akan menjadi terbalik.

Tentang EMURGO

EMURGO mendorong adopsi Cardano dan menambahkan nilai bagi pemegang ADA dengan membangun, berinvestasi, dan menjadi advisor/konsultan kepada proyek atau organisasi yang akan mengadopsi ekosistem blockchain yang terdesentralisasi dari Cardano. EMURGO memanfaatkan keahliannya dalam R&D blockchain serta jaringan global mitra blockchain dan industri terkait untuk mendukung usaha secara global. EMURGO adalah badan komersial dan ventura resmi dari proyek Cardano, terdaftar di Tokyo, Jepang sejak Juni 2017 dan di Singapura sejak Mei 2018. EMURGO berafiliasi secara unik dan bekerja sama dengan IOHK untuk menumbuhkan ekosistem Cardano secara global dan mempromosikan adopsi blockchain Cardano.

Pelajari lebih lanjut tentang EMURGO dan Cardano dengan menggunjungi website resmi https://emurgo.io

Follow akun media social EMURGO Indonesia:

Twitter : https://twitter.com/emurgo_id
Facebook : http://bit.ly/Emurgo_id
Instagram : https://www.instagram.com/emurgo.id/

Written by

EMURGO Solusi Indonesia

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store