Kembali lagi dengan series blog edukasi dari EMURGO Indonesia. Masih berlanjut pembahasan tentang bahasa pemrograman Haskell. Seperti yang sudah dijelaskan sebelum nya bahwa Cardano menggunakan Plutus sebagai bahasa pemrograman nya yang merupakan turunan dari bahasa pemrograman Haskell. EMURGO adalah badan komersial dan ventura resmi dari Cardano blockchain. EMURGO mendorong adopsi Cardano dan menambahkan nilai bagi pemegang ADA dengan membangun, berinvestasi, dan menjadi advisor/konsultan kepada proyek atau organisasi yang akan mengadopsi ekosistem blockchain yang terdesentralisasi dari Cardano.

Kita telah mengetahui bahwa Haskell adalah bahasa yang murni fungsional. Sedangkan dalam bahasa imperatif Anda biasanya menyelesaikan sesuatu dengan memberikan serangkaian langkah pada program untuk dieksekusi. Di Haskell, suatu fungsi tidak dapat mengubah suatu keadaan, seperti mengubah isi suatu variabel (ketika suatu fungsi berubah, maka fungsi tersebut akan memiliki efek samping). Satu-satunya fungsi yang dapat dilakukan di Haskell adalah memberi kita kembali beberapa hasil berdasarkan parameter yang kita berikan. Jika suatu fungsi dipanggil dua kali dengan parameter yang sama, ia harus mengembalikan hasil yang sama. Meskipun ini mungkin tampak sedikit membatasi ketika Anda terbiasa dengan bahasa imperatif.

Hingga saat ini, kita selalu membuat fungsi dalam GHCI untuk mengujinya. Tapi sekarang, kita akan menulis program Haskell pertama kita yang sebenarnya.

Jadi, sebagai permulaan, masukkan code ini di text editor favorit Anda :

Image for post
Image for post

Kita baru saja mendefinisikan nama yang disebut main dan di dalamnya kita memanggil fungsi yang disebut putStrLn dengan parameter “hello, world”. Simpan file itu sebagai helloworld.hs.

Dan sekarang, Kita akan mengkompilasi program yang kita buat, Buka terminal Anda dan arahkan ke direktori di mana helloworld.hs berada dan lakukan hal berikut :

Image for post
Image for post

sekarang Anda dapat menjalankan program Anda dengan melakukan ./helloworld.

Image for post
Image for post

Dan begitulah, program kita yang dicompile yang mencetak sesuatu ke terminal.

Mari kita periksa apa yang kita tulis. Pertama, mari kita lihat jenis fungsi putStrLn.

Image for post
Image for post

Kita dapat membaca tipe putStrLn seperti ini: putStrLn mengambil string dan mengembalikan I / O action yang memiliki tipe hasil () (mis. Tuple kosong, juga dikenal sebagai unit). I / O action adalah sesuatu yang ketika dilakukan, akan melakukan tindakan dengan efek samping (yang biasanya membaca dari input atau mencetak sesuatu ke layar) dan juga akan mengandung semacam nilai pengembalian di dalamnya.

Mari kita coba beberapa code lagi, sekarang kita edit code di dalam file helloWorld.hs tadi menjadi seperti berikut :

Image for post
Image for post

Jalankan code tersebut dengan ./helloWorld

Image for post
Image for post

Kemudian function getLine berfungsi untuk memberikan sebuah inputan untuk kita isi, misal kita masukkan nama dimas.

Image for post
Image for post

Tekan enter dan lihat hasilnya seperti berikut :

Image for post
Image for post

Seperti itu lah kurang lebih input output pada Haskell, jika kamu memiliki kesulitan atau pertanyaan mengenai blog edukasi dari EMURGO Indonesia langsung saya comment atau pun kunjungi social media EMURGO Indonesia.

Tentang EMURGO

EMURGO mendorong adopsi Cardano dan menambahkan nilai bagi pemegang ADA dengan membangun, berinvestasi, dan menjadi advisor/konsultan kepada proyek atau organisasi yang akan mengadopsi ekosistem blockchain yang terdesentralisasi dari Cardano. EMURGO memanfaatkan keahliannya dalam R&D blockchain serta jaringan global mitra blockchain dan industri terkait untuk mendukung usaha secara global. EMURGO adalah badan komersial dan ventura resmi dari proyek Cardano, terdaftar di Tokyo, Jepang sejak Juni 2017 dan di Singapura sejak Mei 2018. EMURGO berafiliasi secara unik dan bekerja sama dengan IOHK untuk menumbuhkan ekosistem Cardano secara global dan mempromosikan adopsi blockchain Cardano.

Pelajari lebih lanjut tentang EMURGO dan Cardano dengan menggunjungi website resmi

Follow akun media social EMURGO Indonesia:
Twitter :
Facebook :
Instagram :

Written by

EMURGO Solusi Indonesia

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store