Testnet KEVM

KEVM adalah testnet yang disediakan oleh Cardano agar kita bisa membuat smart contract pada Blockchain Cardano. Dengan testnet KEVM ini memungkinkan developer membuat smart contract apa pun yang dapat berjalan di EVM. Testnet KEVM ini dapat memverifikasi secara formal dan dapat dibuktikan akan berjalan persis sebagaimana mestinya.

Bagaimana cara membuat smart contract yang terhubung dengan KEVM Cardano? untuk membuat smart contract dengan KEVM, kita membutuhkan mallet. Kita bisa menginstal mallet dengan komputer lokal yang kita miliki. Kita dapat menginstalnya dengan komputer yang mempunyai sistem operasi ubuntu ataupun mac os.

Mallet

Mallet adalah ‘minimum wallet’, sebuah command-line utility untuk men-deploy smart contracts dan berinteraksi dengan testnet KEVM. Mallet ditulis dalam Javascript dan dibuat berdasarkan Node.js REPL sehingga dapat memberikan akses pada fungsi-fungsi praktis dan juga berbagai jenis library seperti Web3. Selain itu Mallet dapat digunakan sebagai library untuk program-program yang dibangun dengan Javascript.

Untuk menginstall mallet pertama-tama kita buat directory baru dan beri nama apa saja, setelah itu dalam directory tersebut clone terlebih dahulu library mallet :

Image for post
Image for post

Jika berhasil Anda akan mendapat response seperti ini :

Image for post
Image for post

Kemudian masuk ke directory mallet dan install :

Image for post
Image for post

Setelah selesai instalasi, sekarang kita akan menggunakan command line mallet untuk terhubung dengan testnet KEVM. Ketik command berikut :

Image for post
Image for post

Berikut tampilan nya setelah kita masuk kedalam command line mallet :

Image for post
Image for post

Untuk melihat command apa saja yang tersedia pada mallet, ketik command berikut :

Image for post
Image for post

Sekarang kita akan menggunakan beberapa function di atas. Pertama kita akan membuat akun baru dengan ketik :

Image for post
Image for post

Setelah itu kita pilih akun yang kita buat tadi untuk kita gunakan :

Image for post
Image for post

Lalu kita cek saldo dalam akun tersebut :

Image for post
Image for post

Saldo dalam akun tersebut masih 0, maka kita akan meminta saldo dari faucet kevm. Saldo tersebut bisa kita dapatkan secara gratis karena kita menjalankannya di dalam testnet KEVM. dan saldo yang kita dapatkan tersebut tidak dapat digunakan dalam main net. Ketik command berikut untuk meminta saldo :

Image for post
Image for post

Lakukan command requestfund tersebut sebanyak 3 kali agar saldo kita nantinya cukup untuk membuat transaksi. Setelah itu cek saldo kita kembali

Image for post
Image for post

Yap saldo kita sudah bertambah menjadi 90000000000 karena kita meminta saldo sebanyak 3 kali. Setiap kita request sekali kita akan mendapat saldo sebanyak 30000000000.

Sekarang kita akan cek akun kita pada KEVM explorer. Buka link berikut untuk mengunjungi KEVM explorer https://testnet.iohkdev.io/kevm/explorer/.

Dan copy address akun Anda kemudian paste pada kolom address dalam explorer. Maka berikut tampilan nya :

Image for post
Image for post

Demikian EMURGO Indonesia edukasi blog kali ini, jangan lupa ikuti terus blog blog selanjutnya tentang blockchain teknologi khusus nya Cardano blockchain. Follow social media EMURGO Indonesia di twitter, facebook dan Instagram untuk mengetahui informasi terupdate dari EMURGO, Cardano dan Ada.

Tentang EMURGO

EMURGO mendorong adopsi Cardano dan menambah nilai bagi pemegang ADA dengan membangun, berinvestasi, dan memberi masukan kepada proyek atau organisasi yang mengadopsi ekosistem blockchain yang terdesentralisasi dari Cardano. EMURGO memanfaatkan keahliannya dalam Research & Development blockchain serta jaringan global mitra blockchain dan industri terkait untuk mendukung usaha secara global. EMURGO adalah badan komersial dan ventura resmi dari proyek Cardano, terdaftar di Tokyo, Jepang sejak Juni 2017 dan di Singapura sejak Mei 2018. EMURGO berafiliasi secara unik dan bekerja sama dengan IOHK untuk menumbuhkan ekosistem Cardano secara global dan mempromosikan adopsi blockchain Cardano.

Pelajari lebih lanjut tentang proyek ini di https://emurgo.io

Untuk informasi lebih lanjut follow social media EMURGO Indonesia :

Twitter: https://twitter.com/emurgo_id
Facebook: https://www.facebook.com/emurgo.id/
Instagram: https://www.instagram.com/emurgo.id/
Medium : https://medium.com/@emurgo_id/

Written by

EMURGO Solusi Indonesia

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store