Kriptografi dan Public/Private Key

Kriptografi (atau kriptologi) adalah sebuah studi tentang metode dan teknologi yang menyediakan komunikasi yang aman antar partisipan tanpa membocorkan informasi ke pihak luar. Singkatnya, orang luar yang mungkin saja mendengar komunikasi, tetapi orang itu tidak akan bisa mengekstrak informasi tersebut. Hanya partisipan yang mempunyai otoritas dalam komunikasi tersebut yang dapat mengerti. Itu adalah tujuan dari kriptografi. Kriptografi modern seperti sekarang melibatkan metode enkripsi dan dekripsi.

Blockchain menggunakan kriptografi enkripsi dan dekripsi untuk memvalidasi data dan memastikan data tersebut terbukti asli dan tidak dirubah.

Dalam blockchain public key dan private key memiliki peran sebagai ID dan password untuk menunjukkan kepemilikan akun. Private key adalah sebuah string yang dibuat secara acak dan berfungsi seperti password. Public key adalah string yang dibuat dari private key dengan menerapkan metode kriptografi Elliptic Curve Digital Signature Algorithm (ECDSA).

Tidak mungkin bisa menemukan private key dari public key. Semua yang dienkripsi menggunakan private key akan bisa didekripsi menggunakan public key terkait.

Written by

EMURGO Solusi Indonesia

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store