LAPORAN TEKNIS MINGGUAN IOHK CARDANO (8 November 2018)

Laporan ini dibuat oleh tim IOHK setiap minggu supaya komunitas mengetahui update terbaru tentang kemajuan yang dibuat dalam pengembangan Cardano. Ruang lingkup laporan ini mencakup pekerjaan dan memberikan wawasan dan transparansi kepada proyek yang dikerjakan di seluruh tim.

HIGHLIGHTS DEV MINGGU INI

DAEDALUS

Wallet

Minggu ini tim terus berupaya menambahkan test coverage untuk komunikasi Cardano node berbasis IPC/Daedalus.

Tim telah meningkatkan logic NTP, yang sekarang mencakup sebuah edge case di mana mesin pengguna tidak dapat menjangkau layanan NTP dan memeriksa apakah waktu lokal selaras dengan waktu global. Dalam hal ini, pengguna akan melihat layar eror yang menjelaskan masalah dan tautan ke halaman Portal Support dengan rincian lebih lanjut tentang masalah dan cara memperbaikinya. Pengguna akan diizinkan untuk terus menggunakan Daedalus tanpa pemeriksaan sinkronisasi waktu, meskipun ini tidak disarankan dan hanya boleh dilakukan jika tidak ada cara bagi pengguna untuk memperbaiki akses layanan NTP.

Platform Aplikasi

Minggu ini tim bekerja pada layer access control API, menyiapkan sistem untuk memberikan token web JSON yang berisi otorisasi layanan pengguna. Satu suit test integrasi ditambahkan dan compatibility issue dengan dependent library diselesaikan dalam persiapan untuk mengembangkan layanan GraphQL dari sebuah prototipe ke proyek yang sudah lebih maju. Tim juga mulai meneliti bagaimana subscription GraphQL dapat dimanfaatkan untuk menawarkan stream data ke konsumen API, dan dua event diidentifikasi untuk pengembangan sebagai bagian dari layer value-add di REST API. Kemajuan dibuat pada aplikasi wallet platform-based, termasuk membuat transaksi pada Cardano GraphQL API.

BACKEND WALLET

Wallet

Tim menyelesaikan versi pertama dari implementasi baru wallet Cardano berdasarkan formal specifications dompet Cardano. Ini akan tersedia bagi pengguna dengan Cardano 2.0.0. setelah QA selesai.

Testnet

Para engineer menemukan beberapa masalah dengan implementasi wallet baru saat mengerjakan rilis 2.0.0 yang akan datang (sebelumnya 1.4.0). Saat bertransaksi, ADA dimasukkan kembali ke akun pengguna satu jam kemudian — ini sekarang sudah diperbaiki dan menunggu review untuk diselesaikan.

NETWORKING

Minggu lalu sejumlah key engineer dan peneliti mengadakan pertemuan mengenai integrasi desain protokol komunikasi. Para integration engineer senior sedang dalam proses menggunakan penerapan seleksi chain untuk menjalankan protokol melalui pendekatan typed-transition.

DEVOPS

Minggu ini, DevOps sedang mengerjakan dukungan untuk rilis 2.0.0 mendatang (sebelumnya 1.4.0) dan penulisan ulang jangka panjang Cardano. Ada juga berbagai macam pekerjaan continuous integration (CI), Daedalus, dan Goguen. Terakhir, tim berkembang dan menyambut anggota DevOps baru.

Sehubungan dengan CI, tim terus bekerja pada cross-compilation Windows, yang sedang dipersiapkan untuk final delivery setelah rilis 2.0.0, selain menyiapkan pipeline CI untuk pekerjaan Windows. Integrasi CI untuk cardano-chain, cardano-wallet, dan cardano-shell juga berkembang dengan baik sebagai bagian dari dukungan penulisan ulang Cardano.

Pekerjaan berlanjut ke pemisahan build dan test derivations, yang akan memungkinkan tim untuk mengurangi waktu dari pengiriman PR hingga disetujui Github. Tim juga mulai bekerja untuk mengotomatisasi lebih banyak aspek CI.

Update penting Nixpkgs sudah diselesaikan, dan tim bekerja untuk mendukung proses pengembangan dengan peningkatan versi dan catatan rilis untuk 2.0.0. Sebagian besar upaya memeriksa masalah debugging yang tidak terduga dengan mengatasi masalah di staging cluster. Untuk Daedalus, tim memfokuskan diri dalam menyelesaikan pekerjaan fault injection-based testing.

Engineers juga mengulas workflows dengan berpartisipasi dalam diskusi versioning Cardano dan dengan merencanakan CI berorientasi engineer yang terpisah, yang akan memungkinkan anggota tim untuk menjalankan pengujian secara penuh, dan mengurangi gangguan yang berkaitan dengan CI full production-level.

Goguen mendapatkan update untuk kelompok KEVM dan IELE, yang sayangnya harus di-roll back karena masalah akut yang ditemukan di operasional, yang mana tim sedang membantu para engineer untuk memecahkannya. Akhirnya, para engineer bekerja untuk meningkatkan otomatisasi deployment Goguen, termasuk fitur-fitur pendukung, refactoring, keandalan dan mengurangi perbedaan dengan deployment stack Cardano.

DESENTRALISASI CARDANO

Desain

Seorang peneliti senior telah membuat revisi lebih lanjut untuk spesifikasi desain delegasi sejak minggu lalu dan spesifikasi terbaru telah dikirimkan untuk review.

Pengembangan

Minggu lalu tim berkonsentrasi pada pengoptimalan final dari code. Engineers membantu menemukan dan memperbaiki performance regression, menulis dokumentasi, dan review proyek cardano-chain baru.

Selain itu, anggota tim sedang mempersiapkan implementasi dari Ouroborous BFT dalam code yang ada.

PENGUMUMAN

IOHK saat ini mencari orang-orang berbakat untuk bekerja bersama kami sebagai Rust Software Engineer, Haskell Trainer serta beberapa lainnya. Silakan lihat halaman IOHK Karir untuk lebih lengkap.

Written by

EMURGO Solusi Indonesia

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store