Blockchain memberikan kita cara baru untuk memproses transaksi, atau hanya untuk menyimpan data. Yang pertama, blockchain bekerja tanpa kontrol pusat, tetapi tetap aman. Anda tidak perlu mengandalkan siapapun ataupun organisasi besar. Tidak mungkin untuk memanipulasi data dan transaksi yang disimpan dalam blockchain. Ini yang dinamakan kekekalan dalam blockchain. Anda mungkin akan berkata “hal baik nya adalah tidak ada yang dapat mengubah data saya. Hal buruk nya adalah semua orang termasuk saya”.

Bitcoin pada blockchain juga menghabiskan banyak resource dalam prosesnya untuk menghasilkan block baru, meskipun hanya untuk menyimpan sebagian data kecil. kemudian, setiap node harus menyimpan seluruh block dengan sendirinya. Jadi, bisa dikatakan itu bukan cara yang efisien untuk menggunakan disk space.

Juga, data pada blockchain disimpan di setiap node dalam jaringan P2P. Jadi, semua orang dapat mengakses dan membaca data dalam blockchain. Istilah “secure” dalam blockchain untuk memastikan tidak ada yang dapat mengubah atau memalsukan data anda. Itu tidak mencegah siapapun yang dapat membaca data anda dalam blockchain. Jadi, selama anda menggunakan public key yang berbeda untuk setiap transaksi, anda akan tetap aman. Ini yang dinamakan transparansi pada blockchain.

Written by

EMURGO Solusi Indonesia

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store