Pada zaman sekarang ini di dunia blockchain banyak orang membicarakan tentang smart contract. Singkatnya smart contract adalah sebuah code yang di dalamnya terdapat instruksi yang bisa kita buat untuk mengatur sebuah aplikasi yang berjalan pada jaringan blockchain. Dalam kehidupan sehari-hari smart contract itu seperti kontrak yang tertulis di atas kertas yang berisi perjanjian, sedangkan smart contract berbentuk digital dan dieksekusi pada jaringan blockchain.

Blockchain Cardano mempunyai bahasa pemrograman untuk smart contract yang dikhususkan untuk dunia finansial. Nama bahasa tersebut adalah Marlowe. Marlowe adalah sebuah DSL atau Domain Specific Language. DSL adalah bahasa yang hanya dikhususkan pada domain tertentu. Contoh bahasa DSL adalah mysql, css, dan masih banyak lagi.

Marlowe dibuat oleh developer IOHK khusus untuk Cardano. Tidak perlu memiliki keahlian dalam bahasa pemrograman untuk menguasai marlowe, karna marlowe adalah bahasa tingkat tinggi yang artinya bahasa yang lebih dapat dibaca atau dimengerti oleh manusia. Untuk menguasai bahasa marlowe, kita hanya perlu mempunyai keahlian :

  • Memiliki pengetahuan dalam produk finansial
  • Memiliki pengalaman dalam Pemodelan bisnis
  • Memiliki pengetahuan tentang bank
  • Memiliki pengalaman dalam pemodelan dan pemasaran produk finansial

Anda tidak memerlukan pengalaman pemrograman untuk memulai dan mempelajari Marlowe, Anda juga tidak perlu menjadi ahli di bidang keuangan. Pemahaman yang kuat tentang produk keuangan dasar saja sudah cukup.

Oke, jadi bagaimana kita bisa mencoba marlowe ? kita bisa mencoba nya pada marlowe playground yang bernama meadow. Buka Link berikut untuk mengakses ke meadow https://input-output-hk.github.io/marlowe/.

Image for post
Image for post

Kita dapat dengan mudah memodelkan instrumen finansial ke dalam blok bangunan visual yang mewakili kode kontrak menggunakan Marlowe. Logika di balik Marlowe mendorong perilaku modeling yang baik karena menawarkan Anda pilihan input sederhana yang digunakan untuk berinteraksi dengan input dunia nyata tentang instrumen keuangan Anda.

Marlowe Playground, sebuah emulator untuk Marlowe, termasuk domain specific language (DSL) itu sendiri dan seperangkat alat yang dapat Anda mulai untuk mencobanya. Kontrak Anda dapat disimulasikan, menggunakan interface pada Playground Marlowe. Di sini Anda dapat bermain-main dengan blok bangunan instrumen Anda dan menguji bagaimana produk keuangan Anda diwakili menggunakan emulator.

Tentang EMURGO

EMURGO mendorong adopsi Cardano dan menambahkan nilai bagi pemegang ADA dengan membangun, berinvestasi, dan menjadi advisor/konsultan kepada proyek atau organisasi yang akan mengadopsi ekosistem blockchain yang terdesentralisasi dari Cardano. EMURGO memanfaatkan keahliannya dalam R&D blockchain serta jaringan global mitra blockchain dan industri terkait untuk mendukung usaha secara global. EMURGO adalah badan komersial dan ventura resmi dari proyek Cardano, terdaftar di Tokyo, Jepang sejak Juni 2017 dan di Singapura sejak Mei 2018. EMURGO berafiliasi secara unik dan bekerja sama dengan IOHK untuk menumbuhkan ekosistem Cardano secara global dan mempromosikan adopsi blockchain Cardano.

Pelajari lebih lanjut tentang EMURGO dan Cardano dengan menggunjungi website resmi https://emurgo.io

Follow akun media social EMURGO Indonesia:

Twitter : https://twitter.com/emurgo_id
Facebook : https://www.facebook.com/emurgo.id/
Instagram : https://www.instagram.com/emurgo.id

Written by

EMURGO Solusi Indonesia

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store