Perbedaan putStrln, putStr dan putChar pada Haskell

EMURGO mendorong adopsi Cardano dan menambahkan nilai bagi pemegang ADA dengan membangun, berinvestasi, dan menjadi advisor/konsultan kepada proyek atau organisasi yang akan mengadopsi ekosistem blockchain yang terdesentralisasi dari Cardano. EMURGO memanfaatkan keahliannya dalam R&D blockchain serta jaringan global mitra blockchain dan industri terkait untuk mendukung usaha secara global.

Melanjutkan blog sebelum nya yang membahas tentang bahasa pemrograman Haskell, kali ini kita akan membahas perbedaan putStrln, putStr dan putChar pada haskell. Sebelumnya kita menggunakan putStrln dalam pembuatan code pada haskell.

putStr sangat mirip dengan putStrLn karena mengambil string sebagai parameter dan mengembalikan I/O action yang akan mencetak string itu pada terminal, hanya saja putStr tidak membuat ke baris baru setelah mencetak string sementara putStrLn membuatnya.

Baiklah sekarang kita akan mencoba membuat contoh perbedaan putStr dan putStrLn. Buat file .hs dan copy code berikut :

Image for post
Image for post

Setelah itu save file tersebut dengan nama putstr.hs. Pada code di atas bisa kita lihat kita memakai putStr untuk mencetak pada terminal. Jalankan code di atas pada ghci.

Image for post
Image for post

Hasil outputnya tidak ada baris baru sama sekali, outputnya menjadi 1 baris.

Misal kita ubah yang terakhir menjadi putStrLn seperti ini :

Image for post
Image for post

Maka hasilnya akan menjadi seperti berikut :

Image for post
Image for post

Dan bagaimana jika kita menggunakan putStrLn untuk semua inputan ?

Image for post
Image for post

Maka hasilnya akan menjadi seperti berikut ini :

Image for post
Image for post

Seperti itulah perbedaan antara putStr dengan putStrLn. Lalu bagaimana dengan putChar? putChar mengambil karakter dan mengembalikan I/O action yang akan mencetaknya ke terminal. Singkatnya putChar itu untuk mengumpulkan semua karakter menjadi satu kalimat.

Seperti ini contohnya :

Image for post
Image for post

Dan hasilnya saat dijalankan pada ghci adalah seperti berikut :

Seperti itulah pembahasan tentang perbedaan antara putStr, putStrLn dan putChar. Jangan lupa untuk follow akun medium EMURGO Indonesia, agar tidak tertinggal mengenai update blog edukasi dari EMURGO Indonesia.

Tentang EMURGO

EMURGO mendorong adopsi Cardano dan menambahkan nilai bagi pemegang ADA dengan membangun, berinvestasi, dan menjadi advisor/konsultan kepada proyek atau organisasi yang akan mengadopsi ekosistem blockchain yang terdesentralisasi dari Cardano. EMURGO memanfaatkan keahliannya dalam R&D blockchain serta jaringan global mitra blockchain dan industri terkait untuk mendukung usaha secara global. EMURGO adalah badan komersial dan ventura resmi dari proyek Cardano, terdaftar di Tokyo, Jepang sejak Juni 2017 dan di Singapura sejak Mei 2018. EMURGO berafiliasi secara unik dan bekerja sama dengan IOHK untuk menumbuhkan ekosistem Cardano secara global dan mempromosikan adopsi blockchain Cardano.

Pelajari lebih lanjut tentang EMURGO dan Cardano dengan menggunjungi website resmi https://emurgo.io

Follow media social EMURGO Indonesia:

Twitter : https://twitter.com/emurgo_id
Facebook : http://bit.ly/Emurgo_id
Instagram : https://www.instagram.com/emurgo.id/

Written by

EMURGO Solusi Indonesia

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store