Perkembangan STO (Security Token Offering) di Dunia Part III

Kembali lagi bersama EMURGO Indonesia blog edukasi, setelah beberapa waktu yang lalu kita membahas tentang STO (Security Token Offering) dan bagaimana perkembangan serta regulasinya di Indonesia, Amerika dan Uni Eropa. Kali ini kita ingin sedikit ‘mengintip’ akan kondisi STO di Jepang. Sehingga kita dapat membandingkan dengan keadaan STO di Indonesia ini.

Jepang

Negara Jepang juga sudah memulai pergerakannya di area Security Token Offering (STO) walaupun pada saat ini Jepang masih fokus untuk meregulasi ICO. ICO sudah banyak menghasilkan scam atau penipuan di dunia, dimana keamanannya menjadi pertanyaan besar bagi berbagai pihak.

Dengan ini FSA (Financial Services Agency) telah mengambil langkah untuk meregulasi ICO untuk melindungi investor dari proyek — proyek yang berpotensi palsu atau menipu. Pada saat ini Jepang memiliki 2 regulasi yang dapat diaplikasikan ke ICO:

  1. Payment Service Act. Usaha yang menyediakan mata uang digital diharuskan untuk terdaftar di Biro keuangan Lokal jika token yang dikeluarkan berada dibawah naungan provisi mata uang virtual dari Payment Service Act.
  2. Financial Instrument and Exchange Act. Berlaku jika token memiliki karakteristik investasi, dan pembelian akan token dengan mata uang virtual dianggap sama dengan pembelian tender sah.

Akan tetapi FSA masih menghadapi kesulitan untuk menentukan batasan untuk tipe token (Utility/Security). Dimana tipe token blm terdapat di yurisdiksi dan hukum manapun di Jepang.

Sedangkan berdasarkan pendapat salah satu pemain pasar yang ada di Jepang, masalah yang dihadapi yaitu:

  1. Kejelasan akan regulasi di berbagai yurisdiksi.
  2. Memastikan tidak adanya Flipping Token atau kegiatan membeli token dan langsung menjualnya kembali untuk mendapatkan profit cepat.

Tentang EMURGO

EMURGO mendorong adopsi Cardano dan menambahkan nilai bagi pemegang ADA dengan membangun, berinvestasi, dan menjadi advisor/konsultan kepada proyek atau organisasi yang akan mengadopsi ekosistem blockchain yang terdesentralisasi dari Cardano. EMURGO memanfaatkan keahliannya dalam R&D blockchain serta jaringan global mitra blockchain dan industri terkait untuk mendukung usaha secara global. EMURGO adalah badan komersial dan ventura resmi dari proyek Cardano, terdaftar di Tokyo, Jepang sejak Juni 2017 dan di Singapura sejak Mei 2018. EMURGO berafiliasi secara unik dan bekerja sama dengan IOHK untuk menumbuhkan ekosistem Cardano secara global dan mempromosikan adopsi blockchain Cardano.

Pelajari lebih lanjut tentang EMURGO dan Cardano dengan mengunjungi website resmi https://emurgo.io

Follow akun media sosial EMURGO Indonesia:

Twitter : https://twitter.com/emurgo_id
Facebook : https://www.facebook.com/emurgo.id/
Instagram : https://www.instagram.com/emurgo.id/

Written by

EMURGO Solusi Indonesia

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store