Perkembangan STO (Security Token Offering) di dunia Part IV

EMURGO adalah badan komersial dan ventura resmi dari proyek Cardano, terdaftar di Tokyo, Jepang sejak Juni 2017 dan di Singapura sejak Mei 2018. EMURGO berafiliasi secara unik dan bekerja sama dengan IOHK untuk menumbuhkan ekosistem Cardano secara global dan mempromosikan adopsi blockchain Cardano.

Setelah kita membahas tentang STO (Security Token Offering) dan bagaimana perkembangan serta regulasinya di Indonesia, Amerika dan Uni Eropa beberapa waktu lalu. Kali ini kita akan mengulas akan kondisi STO di Singapura.

Singapura

Singapura dapat dikatakan sangat antusias mengenai blockchain terlebih STO. Singapura sedang merancang regulasi yang cukup ketat mengenai STO dan bersamaan dengan itu juga sudah mengembangkan platform dengan nama iSTOX yang merupakan perusahaan milik negara, Temasek dan juga adanya keterlibatan Singapore Exchange. iSTOX ini di kembangkan oleh ICHX, sebuah perusahaan infrastruktur blockchain yang saat ini sedang dalam proses perizinan dari Monetary Authority of Singapore (MAS)

Regulasi mengenai STO di Singapura sangatlah jelas, berdasarkan Singularity Financial Authority (SFA) pada 2017, beberapa tipe token dapat diakui sebagai sekuritas. Akan tetapi dapat terbebaskan jika:

  1. Memiliki nilai dibawah 5 juta dollar Singapura
  2. Didistribusikan ke investor dengan jumlah dibawah 50
  3. Didistribusikan ke institusi atau investor yang sudah terakreditasi

Namun perlu dicatat juga bahwa ada beberapa persyaratan yang perlu dipenuhi. Juga dinyatakan bahwa ada 3 tipe individu yang yang menjual token dimana mereka adalah subjek hukum, yaitu:

  1. Pencipta token → Harus memiliki izin jasa pasar modal
  2. Manajer Exchange → Harus memiliki izin penasihat keuangan
  3. Penyedia jasa penasihat terhadap token tersebut → Usahanya harus memiliki izin persetujuan dan diakui oleh MAS.
Image for post
Image for post

Singapura juga memiliki badan hukum internasional yang fokus ke Blockchain dan Cryptocurrency, Tokenisasi, STO dan ICO. Namun walau begitu, hukum dan peraturan di Singapura ini juga masih belum luput dari kekurangan yang dapat kita lihat yaitu dimana dengan security token harus diregulasi menyebabkan STO menjadi lebih kompleks jika dibandingkan dengan ICO. Kepada mereka yang dibebaskan dari peraturan SFA, tidak diperbolehkan mengiklankan penawaran mereka dan menyebabkan mereka tidak punya pilihan lain selain untuk mendaftarkan diri ke MAS dimana hal tersebut juga membuat situasi semakin kompleks.

Tentang EMURGO

EMURGO mendorong adopsi Cardano dan menambahkan nilai bagi pemegang ADA dengan membangun, berinvestasi, dan menjadi advisor/konsultan kepada proyek atau organisasi yang akan mengadopsi ekosistem blockchain yang terdesentralisasi dari Cardano. EMURGO memanfaatkan keahliannya dalam R&D blockchain serta jaringan global mitra blockchain dan industri terkait untuk mendukung usaha secara global. EMURGO adalah badan komersial dan ventura resmi dari proyek Cardano, terdaftar di Tokyo, Jepang sejak Juni 2017 dan di Singapura sejak Mei 2018. EMURGO berafiliasi secara unik dan bekerja sama dengan IOHK untuk menumbuhkan ekosistem Cardano secara global dan mempromosikan adopsi blockchain Cardano.

Pelajari lebih lanjut tentang EMURGO dan Cardano dengan mengunjungi website resmi https://emurgo.io

Follow akun media sosial EMURGO Indonesia:

Twitter : https://twitter.com/emurgo_id
Facebook : https://www.facebook.com/emurgo.id/
Instagram : https://www.instagram.com/emurgo.id/

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store