Kembali lagi dengan EMURGO Indonesia edukasi blog, kali ini kita akan melanjutkan pembahasan dari sisi bisnis dengan topik Security Token Offering (STO) di Indonesia Part 1. Kalau kemarin kita sudah bahas mengenai apa itu STO secara umum dan manfaatnya bagi perusahaan yang ingin melakukan crowdfunding, kali ini mari kita lihat seperti apa kondisi pasar atau industri di indonesia menyangkut STO ini. Hal ini menarik tentunya karena hal ini bisa dikatakan hal yg baru di Indonesia.

Indonesia mulai meninggalkan ICO dan meregulasi Crypto Assets

Pertumbuhan industri blockchain di Indonesia bisa dikatakan cukup cepat. Sudah mulai banyak usaha yang menawarkan platform blockchain sehingga terus meningkatkan trend teknologi yang terbilang baru ini. EMURGO memiliki platform blockchain yang disebut Cardano. EMURGO berafiliasi secara unik dan bekerja sama dengan IOHK untuk menumbuhkan ekosistem Cardano secara global dan mempromosikan adopsi blockchain Cardano

Penggunaan blockchain sendiri tidak terbatas hanya untuk crowdfunding saja, melainkan juga untuk mengatasi masalah transparansi transaksi dan ketepatan transakasi yang dapat diselesaikan dengan menggunakan sistem Smart Contract dan tidak terbatas di industri financial melainkan juga agrikultur dan kesehatan. Sehingga tidaklah heran kalau STO sudah mulai dilirik untuk dijadikan salah satu solusi crowdfunding. Namun dengan maraknya industri blockchain di Indonesia, ICO merupakan salah satu aktifitas yang menjadi sorotan. Banyak ditemukan beberapa kasus fraud yang ditimbulkan dengan adanya ICO ini. Menanggapi hal ini Bank Indonesia pada Januari 2018 mengeluarkan pernyataan bahwa Cryptocurrency tidak bisa digunakan untuk bertransaksi, bahwa hanya mata uang resmi Indonesia yang dapat digunakan yaitu Rupiah.

Tidak hanya itu, untuk meningkatkan keamanan konsumen dan juga menjaga kelancaran industri, OJK mengeluarkan POJK 37 yang mengatur Equity Crowdfunding dan juga POJK 13 yang mengatur bisnis jasa finansial baru berbasis teknologi dengan fasilitas Regulatory Sandbox untuk memfasilitasi para pebisnis untuk berusaha dengan tata cara yang baik dan Consumer Oriented. Sedangkan Bappebti mengeluarkan aturan untuk Crypto Asset Exchange untuk para penyedia wadah jual beli Crypto Assets.

Image for post
Image for post

Tantangan untuk STO di Indonesia

  • Blockchain = Bitcoin. Masih kurangnya edukasi mengenai blockchain dan penggunaan nya di Indonesia, sehingga masih banyak orang yang belum begitu paham tentang apa itu blockchain.
  • Trauma. Dengan adanya fluktuasi harga yang sangat tinggi terutama yang terjadi di awal 2018, masih banyak orang yang berpendapat bahwa blockchain itu berbahaya.
  • High Competition. Dengan adanya aturan mengenai equity crowdfunding yang cukup tinggi, tidak hanya cukup menyulitkan bagi para pelaku bisnis yang sudah ada melainkan juga para pelaku bisnis baru yang ingin masuk ke industry

Tentang EMURGO

EMURGO mendorong adopsi Cardano dan menambah nilai bagi pemegang ADA dengan membangun, berinvestasi, dan memberi masukan kepada proyek atau organisasi yang

mengadopsi ekosistem blockchain yang terdesentralisasi dari Cardano. EMURGO memanfaatkan keahliannya dalam R&D blockchain serta jaringan global mitra blockchain dan industri terkait untuk mendukung usaha secara global. EMURGO adalah badan komersial dan ventura resmi dari proyek Cardano, terdaftar di Tokyo,

Jepang sejak Juni 2017 dan di Singapura sejak Mei 2018. EMURGO berafiliasi secara unik dan bekerja sama dengan IOHK untuk menumbuhkan ekosistem Cardano secara global dan mempromosikan adopsi blockchain Cardano.

Pelajari lebih lanjut tentang Cardano & EMURGO di https://emurgo.io

Untuk informasi lebih lanjut follow social media EMURGO Indonesia :

Twitter: https://twitter.com/emurgo_id

Facebook: https://www.facebook.com/emurgo.id/

Instagram: https://www.instagram.com/emurgo.id/

Medium : https://medium.com/@emurgo_id/

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store