Sebuah industri tentunya akan sulit untuk berkembang di suatu negara jika tidak adanya dukungan dari pihak pemerintah. Salah satu bentuk dukungan adalah regulasi, seringkali kita berpikir bahwa regulasi adalah sebuah peraturan yang menyulitkan. Sedangkan dengan adanya regulasi itu akan sangat membantu pelaku bisnis untuk menjalankan dan mengembangkan bisnisnya secara legal.

Tentunya dalam perancangan regulasi diperlukan diskusi dan riset dengan para pelaku bisnis yang terkait di dalamnya untuk mencegah peraturan yang justru mematikan dunia industri. Kali ini kita akan membahas peraturan atau regulasi yang berkaitan dengan STO, yaitu equity crowdfunding dan Cryptoassets.

POJK 37 tentang Equity Crowdfunding oleh OJK

Merupakan aturan yang dikeluarkan oleh OJK untuk mengatur kegiatan pengumpulan dana ekuitas menggunakan platform. Regulasi ini mengatur seluruh stakeholder yang berkaitan dengan kegiatan ini.

Yang pertama adalah penerbit (issuer):

Image for post
Image for post

Disini, OJK mencoba untuk melindungi investor dari risiko penipuan dengan membatasi jumlah dana yang dapat diterima para perusahaan — perusahaan ini.

Yang kedua adalah penyelenggara (Organizer):

Image for post
Image for post

Penyelenggara harus diautentikasi oleh OJK dan memenuhi kriteria sebagai berikut:

  1. Memiliki modal disetor setidaknya 2,5 miliar Rupiah
  2. Memiliki modal sendiri setidaknya 2,5 miliar Rupiah
  3. Harus berbentuk perseroan terbatas

Yang ketiga adalah investor:

Bertujuan untuk mengurangi risiko, OJK memiliki aturan untuk para investor yaitu dengan membatasi dari jumlah pendapatan para investor.

Berbicara tentang STO, EMURGO merilis sebuah blog yang berjudul “Security Token Offerings: An Explanation by Cardano Partner, EMURGO & How EMURGO Is Planning For STOs”. Disini membahas penjelasan tentang STO dari partner Cardano yaitu EMURGO dan Bagaimana EMURGO Berencana Untuk STO.

EMURGO telah melakukan investasi strategis ke Y2X, bank digital merchant terkemuka, sebagai investor utama. Y2X memiliki mandat global untuk membantu perusahaan mengumpulkan modal untuk melakukan beberapa hal paling inovatif di dunia. Ini terutama dilakukan melalui menerbitkan security token. Cardano akan menjadi protokol pilihan untuk Y2X dan perusahaan portofolionya, untuk meningkatkan penggunaan teknologi, terutama di bidang STO yang diatur, oleh karena itu memberikan peningkatan nilai tambah bagi pemegang ADA. Security Token akan membantu menghubungkan wirausahawan dengan investor secara transparan, sesuai, dan inovatif. Pemahaman canggih EMURGO tentang teknologi blockchain akan membantu Y2X menghidupkan security token ini. Simak artikel lengkap nya dengan link berikut:

Tentang EMURGO

EMURGO mendorong adopsi Cardano dan menambah nilai bagi pemegang ADA dengan membangun, berinvestasi, dan memberi masukan kepada proyek atau organisasi yang mengadopsi ekosistem blockchain yang terdesentralisasi dari Cardano. EMURGO memanfaatkan keahliannya dalam R&D blockchain serta jaringan global mitra blockchain dan industri terkait untuk mendukung usaha secara global. EMURGO adalah badan komersial dan ventura resmi dari proyek Cardano, terdaftar di Tokyo, Jepang sejak Juni 2017 dan di Singapura sejak Mei 2018. EMURGO berafiliasi secara unik dan bekerja sama dengan IOHK untuk menumbuhkan ekosistem Cardano secara global dan mempromosikan adopsi blockchain Cardano. . Pelajari lebih lanjut tentang proyek ini di

Untuk informasi lebih lanjut follow social media EMURGO Indonesia :

Twitter:
Facebook:
Instagram:
Medium :

Written by

EMURGO Solusi Indonesia

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store