Supply Chain dan Digital Identity berbasis Blockchain: Lebih signifikan dan berdampak

Image for post
Image for post

“Desentralisasi adalah masa depan,” mungkin sebuah frase yang banyak didengar akhir-akhir ini. Para pendukung blockchain mempercayai hal ini akan terjadi di banyak bidang cepat atau lambat. Mereka percaya bahwa banyak isu yang terjadi di dunia saat ini dapat dipecahkan atau diselesaikan oleh teknologi blockchain. Tetapi, ada juga pihak-pihak yang berpikir sebaliknya.

Terlepas dari keyakinan ataupun keragu-raguan terhadap potensi dari teknologi ini, beberapa bidang industri sudah mengaplikasikan dan merasakan manfaat nyata dari blockchain. Sementara, beberapa yang lain masih dalam fase mengeksplorasi bagaimana potensi blockchain dan bagaimana teknologi ini dapat membantu dengan isu-isu yang ada.

Dalam artikel ini kami akan membahas 2 hal/bidang yang akan merasakan manfaat nyata dari implementasi blockchain:

Supply chain

Sifat blockchain yang transparan memudahkan pelacakan setiap bentuk transaksi atau penambahan data yang terjadi, atau yang disebut dengan traceability. Dalam supply chain, traceability sangatlah krusial. Informasi perpindahan produk di sepanjang alur distribusi barang mulai dari titik asal sampai dengan tangan terakhir/end-user sangat mudah untuk meleset karena faktor seperti human error dan juga untuk dimanipulasi oleh pihak-pihak terlibat yang tidak bertanggung jawab. Metode yang digunakan selama ini juga rawan mengalami penundaan dan bahkan dapat menyebabkan bertambahnya biaya yang tidak diinginkan.

Sebagai contoh, sebuah startup di Inggris membuat aplikasi peer-to-peer (p2p) berbasis blockchain untuk melacak distribusi ikan tuna dari Indonesia sampai ke meja konsumen di Eropa. Teknologi blockchain digunakan untuk menyimpan data distribusi yang dapat diakses oleh para nelayan melalui aplikasi smartphone sederhana.

Selain ikan, banyak produk lain yang jalur distribusinya seringkali melibatkan praktik-praktik tidak etis dari pihak-pihak yang terlibat. Teknologi blockchain tidak hanya memiliki kemampuan untuk mengeliminasi hal-hal tersebut, tetapi juga memelihara suatu ekosistem bisnis yang adil bagi semua pihak, terutama bagi produsen, seperti petani ataupun peternak.

Di beberapa wilayah di dunia, seperti di Eropa, pemerintah mewajibkan supplier untuk mengetahui asal muasal dari produk mereka. Traceability dapat meningkatkan kredibilitas, tidak hanya pada produk/brand tersebut, tetapi juga perusahaan dibaliknya. Ketika publik menaruh kepercayaan kepada produk/brand tertentu, secara teori, tidak butuh waktu lama untuk produk/brand tersebut melihat peningkatan permintaan dan penjualan.

Dari sisi keuangan, blockchain juga dapat menghindari munculnya biaya-biaya tambahan yang tidak perlu, bahkan memotong biaya-biaya regular yang ada. Pada contoh diatas, hampir semua sistem dari perusahaan-perusahaan yang terlibat dalam jalur distribusi mencatat dan menyimpan data menggunakan kertas dengan mekanisme yang berlapis-lapis. Cara kerja blockchain yang mudah dan simpel dapat memotong biaya operasional dari perusahaan.

Digital Identity

Perkembangan teknologi telah mempermudah akses informasi bagi sebagian besar masyarakat. Saat ini, diperkirakan ada sekitar 10 miliar perangkat/devices di dunia yang terhubung ke internet. Jumlah ini akan naik menjadi 22 miliar di tahun 2025. Angka tersebut secara tidak langsung juga mengacu pada jumlah data atau informasi pribadi yang akan “beredar” di internet. Saat ini, kebanyakan dari informasi pribadi seperti ini dimiliki oleh online service provider, yang sangat disayangkan, seringkali menggunakan informasi tersebut secara sepihak tanpa persetujuan pemiliknya.

Sistem penyimpanan data yang tersentralisasi juga sangat rawan mengalami security breach. Terlepas dari peraturan yang dibuat oleh regulator dan usaha-usaha yang dilakukan oleh banyak pihak untuk meningkatkan cyber security, riset menunjukkan bahwa pada tahun 2018, 2.8 miliar data konsumen telah diakses tanpa izin, menyebabkan kerugian sebesar $654 miliar.

Dari sisi yang berbeda, perkembangan teknologi juga mempermudah orang membuat identitas palsu di internet, yang umumnya berlanjut pada tindakan kriminal seperti penipuan.

Disinilah blockchain dapat berperan secara signifikan. Sebuah konsep baru mengenai penyimpanan informasi pribadi di dunia online yang berbasis blockchain mulai diperkenalkan. Digital identity atau identitas digital adalah sebuah pendekatan baru dalam pengelolaan informasi pribadi di internet. Dalam metode ini, setiap informasi pribadi akan disimpan dalam blockchain dengan akses hanya dimiliki oleh pemilik. Tidak ada lagi akses tanpa otorisasi terhadap informasi pribadi di internet.

Sifat penyimpanannya yang terdesentralisasi juga akan membuatnya sulit untuk disalahgunakan. Selain itu, data juga dapat diakses oleh pemilik dengan mudah pada beragam platform. Seseorang tidak perlu berulang kali mengisi formulir user baru dan mengunggah dokumen pribadi yang diminta ketika sign up ke layanan-layanan online yang baru.

Lebih jauh lagi, tingkat cybercrime diperkirakan juga akan menurun karena praktik pembuatan fake account dapat diminimalisasi bahkan dibasmi sepenuhnya.

Teknologi blockchain memiliki use cases yang sangat luas dan beragam. Di India, pemerintah mulai mempertimbangkan untuk mengadopsi blockchain di dalam sistem database yang dikelola pemerintah yang berisi data pribadi dari 1.2 miliar warga negara India.

Perlahan tapi pasti, blockchain mulai diakui oleh banyak pihak. Hanya masalah waktu saja sebelum akhirnya teknologi ini diterapkan dalam banyak bidang yang lain.

Tentang EMURGO

EMURGO adalah perusahaan blockchain global yang manghadirkan solusi untuk developers, startups, enterprise, dan pemerintah. EMURGO mengembangkan aplikasi dengan standard enterprise, tools untuk developer, berinvestasi di startup dan memberikan edukasi tentang teknologi blockchain. EMURGO memiliki kantor dan menangani proyek di Singapura, Jepang, Amerika Serikat, India, dan Indonesia. EMURGO adalah salah satu pendiri dari Cardano protocol.

Pelajari lebih lanjut tentang EMURGO dengan mengunjungi website resmi https://emurgo.id

Follow akun media social EMURGO Indonesia:

Twitter : https://twitter.com/emurgo_id
Facebook :bit.ly/Emurgo_id
Instagram : https://www.instagram.com/emurgo.id/
Linkedin: http://bit.ly/emurgoidLinkedin

Written by

EMURGO Solusi Indonesia

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store