Virtual Machine untuk Blockchain Cardano

Image for post
Photo by Aaron Barnaby on Unsplash

Smart contract adalah program komputer yang disimpan pada blockchain yang dapat digunakan untuk mengimplementasikan beragam jenis kontrak keuangan. Seperti halnya progam-program komputer pada umumnya smart contracts pun berpotensi untuk mempunyai celah keamanan. Perbedaannya adalah jika pada sebuah smart contract ditemukan bug yang dapat membuka jalan untuk pihak-pihak yang memiliki tujuan jahat untuk mengeksploitirnya kerusakan yang ditimbulkan biasanya berhubungan langsung dengan jumlah uang yang sangat besar.

Eksekusi kode program smart contract pada blockchain dilakukan oleh virtual machine atau mesin virtual yang sendirinya adalah sebuah program komputer yang juga berpotensi mempunyai celah keamanan yang timbul dari bugs di kode programnya. Oleh karena itu penting bagi kita untuk memilih teknologi virtual machine (VM) yang tepat agar resiko yang dapat ditimbulkan oleh eksekusi smart contract yang berpotensi berbahaya dapat diperkecil.

IELE adalah sebuah virtual machine yang didesain khusus untuk mengeksekusi smart contracts pada blockchain. Desain, definisi dan implementasinya dilakukan menggunakan standar matematika tertinggi dengan pendekatan semantics-first dan verifikasi smart contracts sebagai objektif utama. IELE mengeliminir constructs berpotensi berbahaya yang terdapat pada VM lain seperti Ethereum Virtual Machine (EVM) yang dapat menimbulkan bugs seperti integer overflow dan memanggil library contracts, misalnya.

IELE mempermudah pemrograman smart contracts yang aman. Selanjutnya karena implementasinya dihasilkan secara otomatis melalui suatu framework bernama K berdasarkan formal semantics maka dimungkinkan untuk dilakukan verifikasi formal pada smart contracts yg dijalankan di atas IELE untuk memperkuat kepastian bahwa smart contracts tersebut didukung keamanannya karena sudah correct by construction.

Saat ini sudah tersedia compiler dari Solidity ke IELE dan selanjutnya akan menyusul compiler untuk bahasa-bahasa lainnya termasuk Plutus, bahasa pure functional programming yang dapat meningkatan lagi jaminan bagi keamanan smart contract yang Anda tulis. Silakan akses testnet IELE jika Anda ingin mencobanya.

Pemilihan teknologi virtual machine pada blockchain besar pengaruhnya pada keamanan smart contracts yang akan digunakan pada blockchain tersebut. Blockchain Cardano menggunakan sebuah teknologi virtual machine mutakhir bernama IELE yang mendukung pemrograman smart contracts yang correct by construction untuk meningkatkan jaminan keamanannya.

Cardano adalah blockchain yang menawarkan fitur-fitur terdepan dibanding protokol-protokol blockchain lain sebelumnya. Cardano adalah platform blockchain pertama yang dikembangkan berdasarkan filosofi sains dan pendekatan riset ilmiah.

Penulis adalah Head of Technology di EMURGO Indonesia.

Written by

EMURGO Solusi Indonesia

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store